Sabtu, 15 Februari 2020

Pemeriksaan Dan Pengobatan Sejak

PEMERIKSAAN DAN PENGOBATAN

Sejak pertama kali didiagnosa kanker, buatlah (atau mintalah orang yang mendampingi Anda membuat) catatan harian ihwal apa saja yang berkaitan dengan kanker Anda: diagnosa dokter, investigasi dan hasil laboratorium, nama dan takaran obat, terapi yang anda terima, diet yang harus Anda lakukan, kunjungan ke dokter/rumah sakit (dan untuk keperluan apa), segala keluhan dan perubahan keadaan Anda, serta segala tetek-bengek lain yang kelihatan tidak penting sekalipun! Suatu ketika Anda akan memerlukan catatan ini.

Ajaklah keluarga atau sahabat ketika ke dokter, dan mintalah mereka mencatat hal-hal penting yang dikatakan dokter.

Agar tidak menunggu terlalu lama, telepon rumah sakit atau dokter satu jam sebelumnya untuk memastikan dokter Anda tidak terlambat datang.

Sempatkan ke dokter gigi sebelum memulai terapi kanker Anda semoga tidak timbul problem di tengah-tengah pengobatan.

Potonglah pendek rambut Anda sebelum memulai kemoterapi semoga tidak terlalu banyak yang rontok. Kalaupun rontok, tidak tampak mencolok.

Berhati-hatilah. 7-12 hari sehabis kemoterapi Anda gampang terkena infeksi. Jagalah kebersihan dan hindari berada di akrab orang yang sakit. Jika demam, segeralah ke dokter.

Makan dan Minum

Sekalipun Anda merasa mual, upayakan tetap makan. Makan sedikit lebih baik daripada tidak makan sama sekali, alasannya ialah perut yang kosong akan memperparah rasa mual Anda.

Daripada makan kuliner berkaki lima (membeli di luar, lebih-lebih dari warung di pinggir jalan), lebih baik makan kuliner masakan sendiri yang berkaki empat (daging sapi, kambing, dsb). Daripada makan kuliner berkaki empat lebih baik makan kuliner berkaki dua (daging unggas: ayam, burung, angsa, dsb). Daripada makan kuliner berkaki dua, lebih baik makan kuliner berkaki satu (jamur, sayur-sayuran, dan buah-buahan) atau tidak berkaki (telur, ikan).

Minumlah 8-10 gelas sehari untuk membantu badan Anda membuang racun yang diproduksi sel kanker atau sisa-sisa pengobatan.

Kurangi minum kopi, terlebih kalau Anda diare. Waspadai juga caffeine pada minuman cola dan sebangsanya. Lebih baik diganti teh, terlebih teh hijau.

Jangan hingga persediaan kuliner di kulkas habis, untuk persediaan kalau sewaktu-waktu tidak sempat memasak/membeli makanan.

Aktivitas

Tetaplah berolahraga, sekalipun hanya berjalan-jalan di sekitar rumah, semoga Anda menerima udara segar dan tetap merasa bugar fisik maupun mental.

Tetaplah melaksanakan acara sehari-hari, tetapi jangan dipaksakan. Istirahatlah kalau lelah.

Jika Anda tidak punya pembantu, ini saatnya mengambil pembantu, atau mintalah kerabat Anda untuk membantu melaksanakan kiprah Anda sehari-hari.

Jika ada bab badan Anda yang terasa nyeri, mintalah obat nyeri pada dokter. Jika masih tetap nyeri, mintalah obat lain. Jangan biarkan rasa nyeri mengganggu acara Anda.

Hiburan

Nikmati hidup Anda. Lakukan hal-hal yang Anda sukai: berkunjung ke rumah sanak-saudara, nonton film, belanja ke mal, memasak, pengajian, arisan, memperbaiki mobil, merawat tanaman, membersihkan rumah, apa saja sesuka Anda!

Letakkan handphone di akrab Anda. Tidak hanya penting untuk saat-saat darurat, tetapi juga bermanfaat untuk menghubungi keluarga, sanak-saudara, dan teman-teman semoga Anda tetap merasa gembira.

Matikan telepon kamar ketika Anda ingin istirahat. Kalau perlu rekamlah perkembangan kesehatan Anda dan gunakan sebagai pesan pada mesin penjawab.

Jika Anda terpaksa berada di daerah tidur cukup lama, siapkan hiburan di kamar Anda: televisi, radio, majalah, buku, telepon, dll.

0 komentar:

Posting Komentar