Minggu, 16 Februari 2020

Olahraga Mengurangi Resiko Amnesia Tak

OLAHRAGA MENGURANGI RESIKO AMNESIA

 Tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga Olahraga mengurangi resiko amnesia tak
Tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. Selain badan lebih bugar dan sehat, kemampuan otak juga akan meningkat.

Tak percaya? Studi mutakhir yang dilakukan ilmuwan dari Amerika Serikat menandakan olahraga bisa membantu pembentukan sel-sel gres di tempat otak yang berkaitan dengan kemampuan mengingat.

Hasil percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan pertumbuhan sel di tempat otak yang berjulukan dentate gyrus, bab dari hippocampus atau sentra syarat. Pada manusia, dentate gyrus ini sangat dipengaruhi oleh usia, terutama dalam hal kemampuan mengingat yang mulai menurun ketika seseorang berusia 30-an tahun.

Dalam risetnya, para peneliti menggunakan scan MRI (magnetic resonance imaging) untuk membantu melihat proses otak yang terjadi pada tikus percobaan. Dengan cara yang sama, peneliti juga memakainya pada otak insan sebelum dan setelah olahraga. Hasilnya, ditemukan teladan yang sama baik pada otak insan dan tikus.

"Sebelumnya tidak ada studi yang meneliti perbedaan sistematis pada tempat otak di hippocampus dan memilih bab otak mana yang terpengaruh olahraga," kata Dr.Scott Small, spesialis syaraf dari Universitas Columbia Medical Center, New York, AS.

Setelah berhasil melihat proses yang terjadi pada tikus, para peneliti lalu melaksanakan penelitian pada manusia. Mereka melibatkan 11 relawan bertubuh sehat yang diminta untuk melaksanakan aerobik teratur selama tiga bulan. Adapun otak mereka dipotret menggunakan MRI sebelum dan setelah melaksanakan aktivitas aerobik ini. Tim peneliti juga mengukur kemampuan badan tiap relawan dengan mengukur volume oksigen di badan mereka sebelum dan setelah aktivitas latihan.

Ternyata menurut hasil MRI, olahraga melancarkan peredaran darah ke tempat dentate gyrus dan semakin bugar seseorang, semakin lancar anutan darahnya.

"Penelitian lanjutan yang akan kami lakukan yakni memilih jenis latihan apa yang paling bermanfaat untuk meningkatkan ingatan dan mengurangi kepikunan. Semoga kelak para dokter bisa menyarankan pasiennya yang mulai mengalami penurunan ingatan untuk berolahraga," kata Small.

0 komentar:

Posting Komentar