Selasa, 24 Desember 2019

Tips Perencanaan Custom Sepatu Selop Bagi Pemula


Sepatu selop merupakan sepatu yang sering dijadikan sebagai bahan utama untuk custom sepatu sendiri. Custom sepatu selop sudah menjadi tren karena desainnya yang unik sesuai keinginan sendiri sehingga sepatu akan terlihat berbeda dari yang lain.



Tips Custom Sepatu Selop

Membuat sepatu dengan desain sendiri tentu saja menyenangkan karena akan meningkatkan nilai kreativitas kita. Bagi pemula yang ingin mencoba custom sepatu, terdapat beberapa tips sebelum mulai desain custom sepatu.

1.    Memilih sepatu berbahan kain atau kanvas

Sebaiknya membuat sepatu custom menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan kain agar tinta  atau cat dapat menyerap sempurna dan juga mempermudah menggambar. Banyak jenis model sepatu yang terbuat dari bahan kain atau kanvas namun bagi pemula, sebaiknya memilih sepatu selop atau slip on yang polos berwarna putih tanpa banyak ornamen.

Sebaiknya juga hindari slip on bertali agar anda lebih mudah menggambarnya. Sepatu slip on polos tanpa tambahan aksesoris dan desain apapun memiliki media gambar yang lebih luas sehingga anda bisa lebih mudah menggambar seperti pada kertas putih polos.

2.    Tentukan desain terlebih dahulu di atas kertas

Jangan langsung menggambar di atas sepatu karena anda bisa saja salah. Sebaiknya desain atau menggambar sketsa terlebih dahulu di atas kertas. Hal ini akan mengurangi tingkat kesalahan saat menggambar di permukaan sepatu. Anda bisa merancang desain yang ingin digambar terlebih dahulu hingga anda puas dengan gambar yang dibuat. Hal ini juga akan membantu anda dalam menentukan peralatan yang akan dibutuhkan.

3.    Siapkan perlengkapan untuk menggambar

Setelah membuat sketsa gambar dan menentukan apa yang akan digambar, anda bisa mulai membeli alat-alat yang dibutuhkan yaitu pensil dan penghapus untuk sketsa, cat akrilik, spidol dan kuas. Warna pensil bisa anda sesuaikan dengan warna dasar sepatu kanvas, apabila kanvas berwarna putih maka pensil biasa sudah cukup.

·    Cat akrilik digunakan untuk membuat gambar yang sudah ditentukan dan membuat ornamen, pilihlah warna sesuai kebutuhan dan keinginan yang telah ditentukan saat membuat sketsa tadi. Selain membuat ornamen, cat akrilik juga bisa digunakan untuk mengganti warna dasar sepatu.
·    Menggambar pastinya memerlukan kuas lukis, pilihlah ukuran kuas yang bervariasi agar anda bisa menggambar berbagai macam ornamen dengan mudah. Semakin kecil kuas maka semakin banyak gambar yang dapat dilukis di sepatu. Namun apabila anda ingin mengubah warna dasar sepatu, pilihlah kuas berukuran besar.
·    Anda juga memerlukan spidol untuk menggambar bingkai pada ornamen. Gunakan spidol khusus kain dengan warna sesuai keigninan namun umumnya orang lebih sering menggunakan warna hitam.

4.    Menyiapkan perlengkapan tambahan

Selain perlengkapan utama yang telah disebutkan, anda juga bisa mempersiapkan perlengkapan tambahan seperti masking tape dan varnish kain

·    Banyak pilihan tape atau lakban yang bisa digunakan namun sebaiknya anda menggunakan masking tape atau painter's tape karena tidak meninggalkan banyak residu sehingga sepatu tidak kotor. Masking tape berguna untuk melindungi bagian yang tidak ingin di cat seperti bagian pada samping sepatu.
·    Varnish kain merupakan cat berwarna bening yang berfungsi untuk melapisi permukaan kain agar hasil cat lebih tahan lama dan tidak luntur. Sebaiknya memilih varnish khusus kain untuk melindungi permukaan sepatu.

Setelah anda memahami tips custom sepatu selop dan menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan, anda bisa mulai menggambar pada sepatu secara perlahan-lahan agar gambar rapi. Jangan terburu-buru dan lakukan dengan pelan dan sabar agar hasil memuaskan.

Deskripsi : custom sepatu selop memiliki tips yang sangat penting dan harus dipahami dulu bagi pemula agar tidak salah dalam menggambar.

0 komentar:

Posting Komentar