Senin, 16 Desember 2019

Bayam Untuk Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau lebih dikenal tulang keropos adalah penyakit yang menyerang tulang dan umumnya terjadi pada lanjut usia. Tapi osteoporosis juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda. Osteoporosis meningkatkan risiko patah tulang secara tiba-tiba dan tak terduga dan bahkan dalam beberapa kasus menyebabkan kematian. Untuk mencegahnya, diperlukan usaha sejak dini untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bagaimana bayam dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang?



Tentu Anda mengenal Popeye the Sailor Man, kan? Tokoh pahlawan anak-anak ini tidak memiliki senjata canggih untuk melawan musuhnya. Satu senjatanya adalah Sayur Bayam. Satu kaleng sayur bayam selalu menjadi sumber kekuatannya. Bayam dipilih sebagai sumber kekuatan Popeye karena kandungannya yang amat kaya nutrisi, yang membuat bayam baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Bayam mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti potassium, zat besi, magnesium, vitamin K, vitamin A, vitamin D, dan juga kalsium. Banyak orang berpikir bahwa bayam untuk kesehatan tulang sangat diperlukan karena kandungan kalsium pada bayam yang tinggi. Akan tetapi, pada faktanya, kandungan kalsium pada bayam ternyata sangat rendah. Bahkan, bayam mengandung sebuah zat kimia yang disebut dengan oxalate. Zat kimia ini justru mengurangi penyerapan kalsium dalam tulang. Meskipun demikian, kandungan kalsium dalam bayam mampu membangun jaringan penguat di seluruh tubuh.

Bayam untuk kesehatan tulang sebenarnya dipenuhi oleh vitamin-vitamin yang dikandungnya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1995 menemukan bahwa kekurangan vitamin K juga dapat memicu pengurangan kepadatan tulang. Vitamin K yang cukup tinggi pada bayam dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain vitamin K, bayam juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sangat penting untuk regenerasi sel-sel baru, termasuk pembentukan sel tulang-tulang baru. Namun, vitamin A yang bersumber dari suplemen tidak mampu memberikan hasil yang sempurna seperti pada sumber vitamin A alami seperti pada bayam. Kandungan potassium pada bayam juga tidak kalah penting untuk kesehatan tulang. Potassium pada bayam mampu menetralisir garam yang menyerap banyak kalsium dalam tulang.

Bayam juga baik untuk kesehatan tulang karena mineral-mineral, selain kalsium, yang dikandung oleh bayam. Beberapa mineral penting terkandung dalam bayam, seperti mangan, magnesium, fosfor, dan juga Zinc. Zinc merupakan salah satu mineral yang penting untuk tulang. Zinc akan bersinergi dengan kalsium untuk mengisi tulang dengan kalsium. Meskipun bayam mengandung oxalate, segudang manfaat bayam membuatnya berguna bagi kesehatan tulang.

Jadi, begitulah alasan mengapa bayam dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Yuk, kita cegah osteoporosis dengan makan bayam dan jadi sekuat popeye 


     

0 komentar:

Posting Komentar