Senin, 16 Desember 2019

Bawang Bombay Alternatif Alami Turunkan Kolesterol

Pernahkah mendengar nama Bawang Bombay? Jika anda tahu sejarahnya mungkin anda sedikit terkejut karena ternyata bawang Bombay ini bukanlah berasal dari Indonesia.



Memang Indonesia sangat terkenal karena memiliki berbagai rempah yang sangat beraneka ragam termasuk bawang merah dan bawang putih, tetapi ternyata rempah bernama bawang Bombay yang cukup populer ini tidak berasal dari Indonesia. Ya bawang ini awalnya berasal dari Mumbay India.

Dan tahukah anda ternyata Bawang Bombay termasuk salah satu alternatif alami turunkan Kolesterol?

Memang jika anda melihat rupa bawang Bombay ini akan sekilas ada kesamaan dengan bawang putih dan bawang merah sehingga cukup sulit juga menerima kenyataan bahwa rempah yang satu ini tidak berasal dari Indonesia. Masuknya bawang Bombay ke Indonesia pertama kali dibawa oleh pedagang dari Mumbai India yang kemudian oleh orang Indonesia dikembangkan sendiri sehingga yang awalnya tanaman ini adalah tanam dua musim kini menjadi tanaman 1 musim. Tidak salah memang jika ada peribahasa “batang kayu kering pun bisa hidup dan menjadi tanaman jika ditancapkan ke tanah Indonesia.”

Bawang Bombay ini sering kali digunakan dalam bumbu masakan tradisional ataupun jenis masakan modern seperti Chinese food. Bawang Bombay memang bumbu penyedap dan perasa yang sangat bagus jadi tidak perlu heran jika anda sering kali menemukan potongan bawang berukuran besar dalam sebuah masakan karena itu adalah bawang Bombay. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, ternyata Bawang Bombay juga dapat turunkan Kolesterol.

Ini dikarenakan didalam bawang Bombay ada beberapa zat yang sangat menguntungkan tubuh anda seperti kalsium, mangaan, asam amino, sulfur, sodium, allicin, vitamin E, vitamin C, quercitin, curcumin dan juga minyak asiri.

Dari beberapa penelitian didapatkan bahwa kandungan-kandungan yang ada didalam bawang Bombay tersebut mempunyai manfaat untuk menekan serta membatasi kadar kolesterol di dalam darah cukup efektif, meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) hingga 30%, memperbaiki pembuluh darah yang mengalami penyempitan, meredam hipertensi, mampu meredakan sakit perut, meredakan influenza, bisa menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah terjadinya serangan osteoporosis, mencegah kanker, sampai dengan merangsang produksi insulin pada pankreas.

Bawang Bombay sangat mudah didapatkan pada tukang sayur yang lewat ataupun di pasar jadi anda tidak perlu khawatir. Sekarang anda sudah tahu bawah Bawang Bombay alternatif alami turunkan Kolesterol, jadi diharapkan pada menu memasak berikutnya (khususnya masakan dengan bahan mengandung kolesterol) anda bisa melibatkan bawang Bombay sebagai bumbu penyedapnya. Oke semoga informasi sederhana bisa bermanfaat bagi anda 



0 komentar:

Posting Komentar