Minggu, 03 November 2019

Pembalap Afridza Munandar Wafat di Sepang, Ini Dampak Bentrokan di Kepala

Jenazah pembalap Afridza Munandar sudah usai diautopsi di Sisi Forensik Rumah Sakit Besar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (3/11). Seperti dikabarkan CNN Indonesia yang mencuplik dari Di antara, pembalap 20 tahun itu alami bentrokan keras di bagian kepala disamping samping kiri.



Afridza wafat waktu tampil di Race 1 arena Asia Talenta Cup 2019 di circuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). dia alami kecelakaan di kelokan 10 putaran pertama. Afridza sempat dibawa ke rumah sakit di Kuala Lumpur, tetapi nyawanya tidak dapat ditolong.

Diambil dari situs Mayfield Brain & Spine, bentrokan keras nyatanya salah satunya efek berlangsungnya Traumatic Brain Injury (TBI). Tidak hanya kecelakaan motor, bentrokan keras dapat juga berlangsung karena jatuh, luka olahraga, atau serangan kepada pihak tersendiri.

Data U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, TBI ialah pemicu penting berlangsungnya kematian serta kecacatan di Amerika. Luka otak dapat juga memengaruhi potensi berpikir, mengingat, sensasi, emosi, serta bergerak.

Walau jadi pemicu penting, TBI tidak selamanya berbuntut kematian. Pada masalah TBI mudah, pasien umumnya butuh istirahat serta obat-obatan untuk sembuh. Tetapi pada TBI kronis, korban butuh operasi serta perawatan intens untuk selamatkan hidupnya.

Berikut keterangan lebih detil berkaitan tingkat keparahan TBI.

1. Mudah (mild)

Keadaan ini diikuti korban yang masih sadar dengan mata terbuka. Korban umumnya alami bingung, disorientasi, kehilangan ingatan, pusing, serta kesadaran yang hilang muncul.

2. Sedang (moderate)

Pada tingkat ini, korban umumnya kelihatan benar-benar lemas serta mata terbuka bila ada rangsangan. Kehilangan kesadaran berjalan 20 menit sampai 6 jam. Otak alami pembengkakan serta perdarahan yang menyebabkan ngantuk, tetapi masih mampu buka mata.

3. Berat (severe)

Dalam step ini, korban tidak sadar dengan mata yang tertutup walau mendapatkan rangsangan. Kehilangan kesadaran berjalan sampai lebih dari 6 jam.

0 komentar:

Posting Komentar