Senin, 07 Oktober 2019

Obat Maag Ranitidin Ditarik karena Tercemar Karsinogen, Ini Saran Ahli Kanker

Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) pada akhirnya melalukan penarikan obat maag serta asam lambung yang memiliki kandungan ranitidin. Berdasar surat edaran yang waktu lalu, obat ini tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang dihubungkan dengan efek kanker.



Dokter pakar kanker RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Andhika Rachman, SpPD, KHOM, menjelaskan cemaran NDMA memang bisa mengakibatkan kanker. Tapi ini tak perlu direspon terlalu berlebih oleh warga, sebab belum didapati dengan tentu prosedurnya.

"Ya memang benar, NDMA ini bisa mengakibatkan kanker. Tetapi, saya mengharap warga bisa menanggapi terdapatnya ini dengan tenang serta jangan cemas. Sebab sampai sekarang, kami belum mengertahui dengan tentu bagaimana NDMA ini bisa mengakibatkan kanker.

dr Andhika menerangkan, NDMA ini ada sebab hasil kerancuan yang berlangsung di beberapa produk, baik ranitidin atau yang lain. Belum didapati mengapa kerancuan itu dapat berlangsung. Tetapi, ini berlangsung saat proses pemrosesan satu produk, seperti ranitidin.

Dia memberikan tambahan, laporan terdapatnya kerancuan NDMA ini terjadi benar-benar lama, semenjak tahun 1976. Tetapi sampai sekarang, beberapa dokter belum juga tahu bagaimana triknya produk yang terkontaminasi itu dapat mengakibatkan kanker.

"Meskipun kita konsumsi produk yang terkontaminasi NDMA yang dapat dibuktikan bisa mengakibatkan kanker, khususnya pada obat ranitidin untuk asam lambung, jangan begitu cemas seperti 'kebakaran jenggot'. Yang tentu, NDMA tidak langsung saat itu dapat mengakibatkan kanker, bergantung pemakaiannya," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar