Selasa, 23 Juli 2019

5 Sebab Terjadinya Biduran Pada Tubuh Kita


Apakah kamu pernah terkena biduran? Biduran adalah jika kulit terjadi bentol bentol merah serta kulit akan terasa gatal luar biasa dan bentuk bentol memerah serta melebar di sekitaran area kulit. 

Biasanya juga disebut dengan urtikaria, biduran ini bisa saja muncul di sekitar tangan, kaki, bahkan juga wajah. Kadang kita tidak sadar apabila kulit kita terasa gatal dikira cuman digigit nyamuk ternyata malah kita terkena biduran. Nah kali ini kita akan sedikit berbagi tentang sebab terjadinya biduran, silakan disimak ulasannya secara lengkap.



Biasanya biduran terjadi ketika munculnya alergi dan juga ada sebab yang memicunya, seperti serbuk sari, latek dan juga hewan peliharaan. Pada saat kita kena zat allergen, maka tubuh kita akan melepaskan histamine serta juga bahan kimia dari dalam darah, nah ini bisa menyebabkan bengkak, gatal dan juga gejala lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya biduran yang menyebabkan kulit terasa sangat gatal.

1.       Stres
Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa tingkat stress adalah biang keladi dari berbagai macam penyakit mental maupun juga fisik, termasuk juga biduran. Tingkat stress yang berlebih bisa menjadi pemicu menurunnya antibody pada tubuh sehingga bisa mudah terkena penyakit termasuk juga biduran.

Pada banyak orang yang mengidap biduran yang kronis ataupun biduran sering kali muncul selama lebih dari 1 bulan setengah, stress ini bisa membuat terlepasnya histamin dari dalam tubuh kita. Nah ini akan mengakibatkan respon peradangan dan juga dapat memunculkan bentol merah serta juga biduran.

2.       Keringat
Pada dasarnya keringat bukan merupakan penyebab dari gatal gatal. Tetapi kadang tubuh kita yang mengeluarkan keringat merupakan indicator bahwa suhu tubuh kita sedang mengalami kenaikan. Kadang juga untuk sebagian orang berkeringat baik itu karena mandi sauna, habis olahraga, ini bisa menjadi pemicu timbulnya gatal gatal.

Pada saat tubuh kita mengeluarkan keringat, tubuh akan memproduksi asetilkolin, ini merupakan bahan kimia yang kerjanya sebagai penghambat pemecahan sel. Asetilkolin ini juga bisa menghambat perkembangan sel sel pada kulit dan menyebabkan kulit mengalami iritasi serta memicu ruam.

3.       Alergi makanan
Biduran juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi contohnya seperti kacang tanah, buah beri atau telor. Biduran ini bisa saja muncul sesaat ketika setelah kita memakan makanan yang menjadi pemicu munculnya alergi, tetapi ada juga biduran yang muncul setelah beberapa jam kita makan makanan yang menjadi pemicunya.

Selain makanan di atas, biduran juga dapat dipicu oleh makanan tambahan . seperti pengawet dan juga pewarna buatan. Apabila anda ada alergi terhadap makanan tertentu sebaiknya untuk sementara waktu untuk menghindarinya. Apabila sudah terkena biduran maka langkah lebih baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

4.       Penyakit tertentu
Biduran ini bukan hanya bentol bentol pada kulit, tetapi juga biduran ini bisa menjadi signal bahwa kita memiliki penyakit yang lebih parah. Orang yang mengidap penyakit hepatitis, penyakit tiroid, lupus maupun HIV memiliki gejala yang sama dengan biduran yaitu gatal dan bentol bentol, jenis biduran yang golongan kronis masih bisa diatasi dengan obat obatan yang diberikan dokter.

5.       Udara
Kita sering kali tidak sadar bahwa biduran juga bisa dipicu oleh paparan sinar matahari, angina kencang dan juga udara dengan suhu yang dingin. Hal ini untuk kondisi yang mempunyai kulit yang cukup sensitive terhadap cuaca yang ada di luar ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar