Kamis, 05 September 2019

Cara Menghindari Pola Hidup Konsumtif

Pola hidup konsumtif kini memang menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Semakin berkembangnya teknologi juga pengaruh dari globalisasi merupakan faktor utama seseorang menjadi konsumtif. Hal ini dikarenakan mereka takut untuk dibilang ketinggalan zaman, jadi selalu berusaha untuk mengikuti trend.


Bagi mereka yang berpenghasilan cukup mungkin tidak akan begitu sulit meskipun nantinya akan berakibat pada pemborosan, namun tidak sedikit juga yang berpenghasilan pas-pasan juga terpengaruh berperilaku konsumtif. Tentunya bila dibiarkan pengeluaran akan lebih besar daripada pendapatan.

Keadaan seperti ini tentu perlu dihindari agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang terus berlanjut. Berikut ada beberapa tips yang bisa coba anda terapkan untuk menghindari pola hidup konsumtif.
buah pisang

Cara Menghindari Pola Hidup Konsumtif

1. Bedakan mana kebutuhan mana keinginan
Terkadang banyak orang tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Nah cobalah ketika anda akan membeli sesuatu tanyakan pada diri anda terlebih dahulu apakah anda memang benar-benar membutuhkannya? ataukah hanya sekedar keinginan semata.

2. Tuliskan kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi
Jika memang anda sudah mengetahui kebutuhan-kebutuhan anda, coba pilihlah kebutuhan yang benar-benar harus anda penuhi terlebih dahulu. Pilihlah dari kebutuhan yang paling utama dan benar-benar sangat anda butuhkan.

3. Menyusun anggaran pengeluaran
Cobalah untuk membuat catatan anggaran bulanan anda setiap harinya untuk mengetahui besarnya pengeluaran anda setiap bulan.

4. Berlatih menabung
Berpenghasilan besar sekalipun jika anda tidak mampu mengatur atau mengelola uang dengan baik tentu tidak akan merasa cukup. Oleh karena itu berlatih mengelola uang dengan baik tentu perlu dibiasakan. Salah satu cara untuk membiasakan mengelola uang yaitu dengan menabung. Cobalah untuk menyisihkan sebagian uang anda. Bila suatu saat ada kebutuhan tak terduga jadi anda sudah memiliki simpanan uang.

5. Mengurangi Rekreasi Berlebihan
Rekreasi merupakan cara tepat untuk bersantai dan melepas penat, namun tentu saja perlu anda atur agar tidak menjadi sebuah keadaan yang akhirnya membuat pengeluaran anda membengkak. Rekreasi tentu membutuhkan pengeluaran yang biasanya tidak sedikit. Walaupun memang banyak juga tempat-tempat rekreasi yang tidak membutuhkan pengeluaran yang besar, tapi tetap saja rekreasi pula harus anda atur agar tidak menimbulkan dampak buruk terhadap keuangan keluarga anda.

6. Menjaga dan Memelihara Benda/Barang
Barang-barang anda harus bisa anda jaga, harus bisa di rawat dengan baik agar tidak cepat rusak. Karena ketika rusak tentu akan ada pengeluaran uang lagi untuk memperbaikinya bahkan bisa jadi anda harus menggantinya dengan yang baru. Merawat barang atau benda sebaik mungkin akan membuat anda terhindari dari perilaku konsumstif

7. Peduli Sesama
Daripada anda banyak menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak benar-benar anda butuhkan, cobalah anda untuk memperhatikan saudara sekitar anda. Cobalah untuk bersedekah atau berinfak. Sedekah akan menjadi investasi akhirat. Selain itu juga melatih anda untuk peduli terhadap sesama, jadi anda tidak egois dengan diri anda juga melatih diri untuk tidak berperilaku konsumtif.

0 komentar:

Posting Komentar