Kamis, 15 Februari 2018

Cara Merawat Bayi Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Bayi Dengan Benar - Memiliki buah hati memang menjadi dambaan setiap keluarga. Tanpa hadirnya sibuah hati keluarga menjadi terasa hampa. Kadang kala, jika Anda memiliki anak pertama tentu saja akan mengalami sedikit kebingungan untuk merawat anak Anda.


Hal ini lumrah, karena merupakan pengalaman pertama untuk merawat bayi. Karena itulah artikel ini kami buat dengan tema cara merawat bayi yang baik. Simak artikel ini dengan seksama, karena kami berusaha menyajikan dengan tuntas untuk tips merawat bayi. Karena, jika kita asal-asalan dalam merawat sibuah hati tentu saja akan menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Simak 8 cara merawat bayi yg benar :

Merawat Bayi #1 Dikit-Dikit Makan
Pada bulan-bulan pertama sibuah hati lahir salah satu penyebab utama si bayi menangis adalah rasa lapar. Karena apa? Karena bayi belum terbiasa untuk lapar, pada saat berada di kandungan bayi selalu mendapatkan asupan makanan dan gizi melalui saluran plasenta sehingga bayi tidak pernah merasa lapar ataupun haus. Karena itulah Anda sebagai ibu yang baik harus secara aktif menyusui sesering mungkin entah pagi, sore, malam.

Saat lahir, sistem pencernaan pada bayi belum terbiasa untuk mencerna asupan makanan dan minuman dalam jumlah yang besar, kemudian "kosong" beberapa waktu.

Hal ini mengakibatkan tubuh terutama pencernaan bayi memerlukan waktu untuk beradaptasi di minggu-minggu pertamanya. Anda tidak perlu memberi jadwal untuk makan sibayi, sesering mungkinlah memberikannya asupan makanan terutama ASI. Setelah kira-kira 5 minggu pola makan atau jadwal makan si bayi akan terbentuk.

Merawat Bayi #2 Saat Buang Air
Nha ini kadang yang menjengkelkan saat bayi BAB dan pipis, memang bayi yang baru berumur beberapa minggu belum kenal jadwal untuk buang air. Semakin seringnya bayi buang air adalah pertanda baik bahwa bayi sudah cukup makannya. Selalu ganti popok saat bayi buang air, supa bayi merasa nyaman dan tentunya terhindar dari penyakit akibat bakteri dari kotoran-kotorannya.

Amati feses dan air seninya karena keduanya bisa dijadikan sebagai indikator kondisi bayi, misalkan jika air seni berwarna kuning maka bayi kurang cairan. Selain mengganti popok, membersihkan alat kelamin dan duburnya juga penting untuk menjaga kebersihan bayi agar tetap sehat.

Merawat Bayi #3 Memakai Pakaian
Atau biasa disebut dengan baby dress code. Tidak mungkin bukan jika bayi harus dibedong sepanjang hari? Apakah iya bajunya harus belapis-lapis dengan pakaian selimut terus? Indonesia ini memiliki iklim tropis yang tidak cocok untuk bayi dengan pakaian yang berlapis-lapis, apalagi saat cuacanya panas serta ruangan yang tidak ber AC tentu saja bayi akan merasa sangat gerah, panas serta lembab.

Jika ini terjadi, segera ganti pakaiannya dengan yang lebih ringan dan tipis. Pastikan juga pakaian bayi terbuat dari 100% bahan katun atau bahan alami sehingga mudah untuk menyerap keringat, dicuci serta disetrika. Jika ingin berpergian, bisa gunakan cardigan atau mantel, sepatu, kaos kaki serta topi bayi untuk mencegahnya masuk angin.

Merawat Bayi #4 Kosmetik Bayi
Kosmetik pada bayi ada banyak jenisnya misalkan baby shampo, baby bath, baby lotion, baby oil, baby cream, hair lotion, baby powder, dll. Sebenarnya bayi tidak membutuhkan semuanya sekaligus, karena itulah bijaksanalah saat pemakaiannya. Apapun merk dan jenisnya, pastikan gunakan produk yang sudah diuji secara klinis. Jika bayi alergi/sensitif negatif terhadap suatu kosmetik tertentu maka segera hentikan pemakaiannya.

Mulailah menggunakan kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia atau green product. Ini juga untuk menghindari atau meminimalis kontak antara bayi dengan bahan-bahan kimia. Hindari juga penggunaan produk pelembut ataupun pengharum pakaian. Bahan kimia yang dikandungnya bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi.

Merawat Bayi #5 Kegiatan yang Tidak Disukai Bayi
Pada umumnya, bayi tidak suka untuk dimandikan, keramas, ganti baju, dikasih obat tetes hidung atau mata. Jika ini terjadi, lakukan hal tersebut dengan cepat tetapi tetap hati-hati. Atau bisa juga alihkan perhatiannya dengan cara mengajak dia bercakap-cakap, dipeluk atau dicium.

Merawat Bayi #6 Menciptkan Lingkungan Nyaman
Lingkungan yang nyaman adalah hal penting yang dilakukan untuk menjaga bayi agar tetap nyaman. Usahakan ruangan yang digunakan untuk merawat bayi tidaklah terlalu berisik atau ramai, jangan terlalu dingin < 20 derajat, pastikan sinar matahari dan cahaya lampu tidak jatuh tepat dimatanya.

Lingkungan yang nyaman juga berarti lingkungan yang bebas dari gigitan serangga dan nyamuk. Anda bisa melakukan pengasapan atau fogging beberapa hari sebelum jabang bayi ditempatkan di lingkungan tersebut. Sangat tidak dianjurkan memakai obat pembasmi serangga seperti obat nyamuk bakar atau listrik di kamar bayi, karena racun kimia yang dikandungnya sangat sensitif dan rentan menempel di mainan atau barang-barang si bayi.

Merawat Bayi #7 Mainan si Kecil
Mainan tidak hanya berfungsi untuk hiburan semata, tetapi mainan juga bisa untuk mengenalkan bayi kepada lingkungannya, memperkuat indera perasanya untuk melatih ia mengenal berbagai macam bentuk, warna serta melatih otot matanya agar bisa menjadi lebih terfokus. Karena itulah, belilah mainan untuk si Bayi dengan warna yang cerah dan mencolok.

Mainan yang bergerak dan berbunyi yang digantung di atas tempat tidurnya akan merangsang indera perasa, penglihatan serta pendengaran si Kecil. Beruang Teddy atau boneka lain yang lembut bisa membuat bayi senang dan melatiah indera bayi. Tidak usah terlalu mahal, yang penting bayi senang dan merasa terhibur.

Merawat Bayi #8 Ritual Tidur
Total waktu tidur yang diperlukan bayi adalah 18 jam sehari, dengan tidur malam yang agak gelisah serta diselingi dengan beberapa kali bangun. Setelah ia berusia 5 minggu, bayi baru memiliki pola tidur yang tetap, yaitu tidur lebih awal serta terbangung 2-3 kali saat tengah malam. Lakukan ritual tidur untuk membantu bayi tidur lebih cepat, caranya dengan memandikan bayi menggunakan air hangat yang sudah dicampuri dengan baby bath, kemudian pijat bayi dengan menggunakan lotion, setelah bayi merasa tenang baru dinina bobok dan membubuhi bayi dengan bedak bayi.

0 komentar:

Posting Komentar